Keterampilan Berpikir

22.26


Berpikir Pemecahkan Masalah

Kelas VI Semester 1

Standar Kompetensi
Benda dan sifatnya
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda.

Kompetensi Dasar
5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.

Masalah :
Disediakan 5 buah pemanas bunsen atau spiritus, kemudian terdapat 5 buah gelas piala, terdapat air juga yang cukup untuk mengisi 5 buah gelas piala tersebut, kemudian terdapat juga 5 macam benda berbentuk lempengan yang terbuat dari besi, aluminium, karet, plastik dan kayu, luas permukaan masing-masing lempengan sama. Kemudian juga terdapat mentega padat yang akan diletakkan diatas masing-masing lempengan tersebut. Masing-masing pemanas bunsen akan memanasi 5 buah gelas piala yang diisi air, di dalamnya dimasukkan lempengan-lempengan yang diatasnya sudah diberi mentega dengan ukuran yang sama. Semua perlakuan pada masing-masing pemanas bunsen sama hanya lempengannya yang berbeda pada masing-masing gelas piala.
Coba pikirkan manakah mentega yang cepat mencair dan manapula mentega yang lama mencair, apakah mentega di atas besi? Apakah mentega di atas karet? Apakah mentega di atas plastik? Apakah mentega di atas aluminium? Apakah mentega di atas kayu?



Penyelesaian Masalah :
Susunan mentega dari yang cepat mencair ke yang lama mencair :
1.      Mentega di atas aluminium
2.      Mentega di atas besi
3.      Mentega di atas plastik
4.      Mentega di atas karet
5.      Mentega di atas kayu


Penjelasan:

Benda-benda yang termasuk konduktor misalnya: aluminium, besi, dan baja. Sedangkan benda-benda yang termasuk isolator misalnya: kertas, plastik, karet, lilin, dan kayu. Memasak air akan lebih cepat mendidih bila menggunakan alat/wadah yang terbuat dari logam, karena logam merupakan penghantar panas (konduktor) yang baik. Bandingkan jika menggunakan alat/wadah yang terbuat dari tanah liat. Begitu pula tangkai atau pegangan alat masak atau alat penggorengan, biasanya menggunakan kayu atau karet. Sebab, kayu dan karet merupakan benda penyekat panas (isolator) yang baik atau penghantar panas yang kurang baik. Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik di sebut konduktor, sedangkan benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut isolator.




Berpikir Kreatif

Kelas V Semester 2

Standar Kompetensi
Energi dan Perubahannya
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Kompetensi Dasar
5.2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

Masalah :
Di pojok kanan kelas ini terdapat lemari yang cukup besar, coba pindahkan lemari tersebut ke pojok kiri kelas. Lemari ini akan lebih mudah dipindahkan tanpa mengangkatnya dengan bantuan roda yang diletakkan di bawah lemari, namun coba kalian pikirkan benda lain yang dapat menggantikan kegunaan roda tentu saja yang dapat mempermudah memindahkan tanpa mengangkat lemari tersebut. Lakukan percobaan minimal menggunakan 3 benda pengganti roda !

Penyelesaian Masalah  :
Roda bisa diganti dengan benda-benda sebagai berikut :
Menggunakan benda-benda pengganti roda dibawah ini dengan cara diletakkan dibawah lemari, kemudian lemari dapat didorong dengan mudah dan cepat. 
1.      Pipa
2.      Keset
3.      Pen / pensil
4.      Bola bekel
5.      Bambu
6.      Baterai
7.      Botol kaca yang tebal
8.      Kelereng
9.      Dan benda pendukung lainnya.



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe